Home / Kesehatan / Dinkes Kabupaten Lingga, Gelar Sosialisasi SPM

Dinkes Kabupaten Lingga, Gelar Sosialisasi SPM

Lingga – kompaslima.com : Sosialisasi membahas evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), di gelar oleh dinas Kesehatan Kab. Lingga. Bertempat di Hotel Prima Iin-Dabo Singkep. Kamis (21/3).

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kab Lingga. dr. Asri Wijaya, mengatakan. Monitoring Evaluasi dan pelaporan program serta kegiatan pemuthahiran data profil tahun 2018.

Sosialisasi standar pelayanan minimal tahun 2019, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016. Serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam pencapaian SPM bidang kesehatan di wilayah Kab Lingga.

SPM merupakan ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar, yang merupakan urusan wajib daerah dan berhak di peroleh setiap warga.

Oleh karena itu, puskesmas selaku ujung tombak pelayanan kesehatan. Dituntut secara profesional, melakukan kerja sama secara lintas program dan lintas sektor demi percapaian target SPM. Dengan kata lain, SPM adalah pedoman bagi puskesmas yang harus benar-benar dilaksanakan.

Kepada seluruh puskesmas, tidak hanya dapat mendata angka kematian ibu dan anak. Akan tetapi, Puskesmas juga harus mengetahui di mana ibu itu melahirkan, sehingga menghasilkan data yang valid.

Selain itu, jika saja terjadi banyak penghambat di puskesmas-puskesmas. Dengan permasalahan yang berbeda beda pula, agar dilakukan koordinasi untuk mencari solusinya.

Kegiatan sosialisasi ini, berlangsung selama tiga hari (21-23/3). Diikuti oleh semua kepala puskesmas di seluruh wilayah Kab Lingga.

(Rian)

 

About kompaslima

Check Also

Wakapolda Kepri Pimpin Upacara HUT Ke-74 Korps Brimob

Batam – kompaslima.com : Upacara peringatan HUT Korps Brimob Polri ke-74, bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *