Home / Politik / Hendaknya Seorang Caleg, Faham Sistim Ketatanegaraan

Hendaknya Seorang Caleg, Faham Sistim Ketatanegaraan

R.M.E Mansyur Razak S.Sos

Tanjungpinang – kompaslima.com : Nampaknya, keinginan seseorang kader partai menuju kursi empuk di Legislatif di seantero negeri ini semakin laris-manis.

Hal ini dipicu, karena mudahnya partai mengirimkan kadernya. Tanpa terlebih dahulu, menyeleksi kemampuan dan latar belakang kader yang nantinya menjadi wakil partai jika terpilih.

Terkait hal ini, kader partai Hanura. R.M.E Mansyur Razak S.Sos, dalam bincang-bincangnya kepada awak media ini. Mengatakan, saat ini. Banyak kader partai menuangkan sesuatu keinginannya menjadi seorang calon legislatif, tapi dia tidak tahu apa tugas dan fungsinya. Senin  (10/12).

“banyak kader partai menuangkan sesuatu keinginannya menjadi seorang calon legislatif, namun tidak tahu fugsi dan tugasnya”.

Setelah itu, dia juga tidak tahu tanggungjawabnya kepada masyarakat. Yang sudah di atur dalam konstitusi, yaitu hak kebebasan dan kemerdekaan.

Karena jelas, itu yang harus diimplementasikan seorang politikus. Bagaimana memberi hak-hak publik itu, kepada publik itu sendiri.

Hal itu telah dituangkan secara kelembagaan, yang diatur dalam UU, peraturan serta perda. Bagaimana mengatur tekhnis dari UU yang dituangkan dalam sebuah konstitusi, inilah yang harus dipahami oleh seorang politikus. Jelasnya.

Jadi, bukan hanya sebatas duduk di dewan. Setelah duduk, hanya memasang logo dewan saja. Ketika ditanya masyarakat, kita tidak bisa menjawab.

Inilah kelemahan dari konteks sistim ketatanegaraan kita, kita sama-sama tahu. Untuk masuk TK sampai perguruan tinggi, hingga masuk TNI-Polri akan melakukan lamaran dan dilakukan fit and propertest.

Sedangkan untuk menjadi seorang calon legislatif, hal ini tidak dilakukan. Hendaknya, sistim ketatanegaraan kita ini harus di rubah. Agar nantinya, orang-orang yang duduk di legislatif itu punya kompeten. Tegasnya.

(gad)

About kompaslima

Check Also

IR Koarmada I, Buka Wasrik Di Lantamal IV Tanjungpinang

kompaslima.com : kegiatan pengawasan dan pemerikasaan (Wasrik) dari Inspektorat Komando Armada (It Koarmada) I, secara resmi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *