Home / Nasional / Air Soda Parbubu – Tarutung

Air Soda Parbubu – Tarutung

Pemandian Air Soda Itu, Cuma Ada Dua Di Dunia

Tarutung – Kompas Lima :  Kabupaten Tapanuli Utara, Tarutung. Selain disebut sebagai tempat wisata Rohani, ternyata. Tarutung juga banyak menyimpan beberapa tempat wisata lainnya, seperti. Pemandian air panas yang terletak di Sipoholon, juga ada satu tempat yang tak kalah menariknya. yakni, Pemandian air soda di Parbubu.

 

 

 

 

pengunjung menikmati hangatnya air soda

Tak heran, kalau tempat ini selalu saja ramai dikunjungi orang. Selain penasaran dengan air soda nya, manfaatnyapun sangat baik untuk kesehatan.

Jika berkunjung ke sumut, jangan lupa mampir ke tempat pemandian air soda di desa Parbubu. Tarutung – Tapanuli Utara. Memang, jarak tempuhnya yang lumayan jauh dari kota Medan yang membutuhkan waktu kurang-lebih 8 jam perjalanan. 

Wisata kolam air soda ini, ternyata hanya ada dua di dunia. Yakni, Venezuela dan Indonesia. Kolam air soda yang terletak di Sumut ini, benar-benar menarik banyak perhatian publik.

Dinamakan kolam air soda,  karena banyaknya gelembung-gelembung yang keluar dari dalam kolam, yang bentuknya menyerupai sodara.

Kolam air soda selalu dikunjungi warga setempat maupun wisatawan, mandinya juga gratis. Cukup hanya membeli minuman atau makanan saja di sekitar pemandian.

Sinaga  (38), salah satu pengunjung pada awak media ini mengaku tinggal di Pekanbaru – Riau. merasa heran dan kagum akan kolam air soda ini.

“Saya heran, bang. kog bisa kolam ini mengeluarkan gelembung-gelembung, saat berendam pun sangat terasa di badan ini, apa lagi air nya hangat”.

Kalau kami datang berkunjung ke tempat saudara di Tarutung ini, lanjut Sinaga. kami pasti berendam di kolam ini, karena tidak pass rasanya jika tidak berendam.

Selain tempatnya unik, ternyata. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, salah satunya, Air soda ini bisa menghaluskan kulit.

 

 

 

 

Berenang dan berendam di air soda

Informasi yang dihimpun awak media ini, kolam air soda ini. Pertama kali ditemukan oleh Minas Sihite, sekitaran tahun 1973, tanpa sengaja. Saat itu, Minar pulang ke kampung halamannya. (gad)

 

 

 

About kompaslima

Check Also

Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kepri Ungkap Jaringan Narkotika Internasional

Batam – kompaslima.com : Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kepri. Berhasil mengungkap jaringan narkotika Internasional, di pelabuhan …

One comment

  1. Mantap air soda itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *